Pengobatan Patah Tulang Aliran Cimande Sebagai Aset Budaya Bangsa

0
618
H.Cecep saat praktek pengobatan urut patah tulang.

BOGOR (Garudanews.id) – Kawasan Cimande yang terletak di kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, banyak menyimpan peradaban budaya yang besar di dalamnya, selain terkenal dengan kesenian pencak silat dan salak slebor, kawasan ini juga terkenal dengan pengobatan alternatif patah tulang.

Di kawasan tersebut banyak di temui tempat pengobatan alternatif patah tulang, salah satunya milik H.Cecep Mulyana yang berada di kp, Tengek RT 04/02, Desa Cimande Hilir.

H.Cecep mengaku bahwa dirinya menggeluti pengobatan aliran patah tulang Cimande ini semenjak umur 10 Tahun.

“Jadi kalau di itung – itung sudah 40 tahun. Ini adalah amanah dari almarhum Bapak saya H. Sihabudin dan beliau salah satu muridnya Kyai Abdul Somad yang juga termasuk kasepuhan Cimande yang letak makamnya berada di tari kolot,” Kata Cecep di kediamannya, baru-baru ini.

Saat di tanya Rata-rata berapa orang yang berobat kesini setiap hari nya, H.Cecep mengatakan tidak tentu namun ada saja yang berobat kesini 3 atau 4 orang, bahkan bisa lebih.

“Pasien yang datang kesini pun bukan hanya dari Bogor tapi banyak juga seperti dari Jakarta, Bandung Sukabumi,” ujar H.Cecep

Dia mengaku  sangat bahagia menjalani tugas ini, bisa bermanfaat dan membantu orang lain ilmu itu titipan dan tidak berat di bawa.

“Asal kita mau mengamalkannya dan yang jelas ini adalah suatu amanah leluhur yang ada di Cimande untuk menjaga tradisi budaya,”  ungkap lelaki yang juga ketua ormas Barisan Patriot Bela Negara (BPBN) Kabupaten Bogor ini. (Apih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here