Polres Rote Gelar Oprasi Simpatik Melalui Edukasi

0
357
Apel siaga Oprasi Simpatik 2017, Polres Rote Ndao. (Dance/Hnn)

Rote, NTT – (Garudanews.id) – Guna menekan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya, akibat ulah pengendara motor yang tidak berdisiplin, Polres Rotor Ndao melakukan Operasi Simpatik 2017.

Namun operasi yang dilakukan kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun yang sebelumnya.

Pihak kepolisian lebih mengedepankan pola edukasi kepada masyarakat maupun pelajar.

“Kami lebih memilih untuk melakukan edukasi ke sekolah-sekolah, atau memberikan pelayanan terbaik di Satpas SIM, sehingga masyarakat lebih simpati,” ujar Kapolres Rotor Ndao, Muri Mirranda, Rabu (1/3/).

Muri mengatakan petugas polisi di lapangan boleh saja melakukan tindakan kepada pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan, tapi bukan lagi seperti razia.

“Mereka harus melakukannya di luar operasi itu, misalnya dalam razia rutin, tetapi selama Operasi Simpatik, tidak boleh ada tindakan,” kata dia.

Selain razia rutin, operasi yang khusus untuk melakukan tindakan seperti Operasi Patuh. Kegiatan itu juga dilakukan di seluruh Indonesia, dan masing-masing wilayah punya nama berbeda-beda.

“Dalam operasi ini petugas boleh melakukan tindakan, karena sesuai dengan tujuannya,” ucap Muri.

Diketahui, tahun 2015 sejumlah kasus kecelakaan sebanyak, 1.408 orang, dan pada tahun 2016 sejumlah ,1.707 orang atau ada kenaikan trend (21.24%) kerugian material tahun 2015 dengan sejumlah 3.741.699.505 (Tiga Miliar Tuju Ratus Empat pukuh Satu juta Enam Ratus Sembilan puluh sembilan kima ratus rupiah ) dan pada tahun 2016 sejumlah 4.027.000.000 ( Empat Miliar Dua Puluh Tujuh Juta Rupiah ) atau kenaikan trend ( 7.62% )

“Kta menyadari bahwa mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut. Kita tidak bisa berdiam diri bahkan kita wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya untuk menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kasatlantas, sesuai amanat undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan,” jelasnya.

Yakni, mewujudkan dan memekihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu luntas. (Dance/Hnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here