Reklamasi Teluk Jakarta Sepakat Dihentikan

0
435
Foto: Ilustrasi

JAKARTA (GARUDANEWS)-Komisi IV DPR dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sepakat berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghentikan reklamasi Teluk Jakarta.

“Rapat dengar pendapat (12 April) soal situasi reklamasi Teluk Jakarta, Komisi IV dengan pemerintah diwakili KKP dan KLHK sepakat menghentikan proses reklamasi Teluk Jakarta dan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga ada perundangan,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron dalam Rapat Kerja dengan Menteri KKP di Jakarta, Rabu.

DPR dan pemerintah juga sepakat mendalami secara saksama proses reklamasi Teluk Jakarta dan pantai-pantai di Indonesia, termasuk di kawasan strategis nasional.

“Menindaklanjuti reklamasi pantai di seluruh Indonesia, termasuk proses reklamasi Teluk Benoa, Teluk Jakarta dan yang termasuk kawasan strategis nasional,” kata dia.

Herman juga mengatakan, DPR saat ini membentuk panitia kerja untuk menindaklanjuti proyek reklamasi teluk dan pantai-pantai di Indonesia.

“Kami sudah membentuk panitia kerja (Panja). Panja ini akan mulai bertugas 20 April mendatang, ke masyarakat,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Sebelumnya, DPR bersikukuh agar pemerintah menghentikan proyek reklamasi Teluk Jakarta karena dianggap bermasalah dalam sejumlah hal, antara lain keputusan pemerintah menerbitkan izin reklamasi tanpa ada Perda zonasi dan menerbitkan izin reklamasi tanpa berkonsultasi dengan kementerian terkait.

“Lalu pemberikan izin reklamasi diberikan tanpa kajian lingkungan strategis (sesuai UU Nomor 27/2007) serta pemerintah daerah menerbitkan izin reklamasi di luar kewenangannya,” tutur Herman. (jim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here