Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Bogor Adakan Pawai Obor

0
306
Warga gelar pawai obor peringati tahun baru Islam (ist)

BOGOR (Garudanews.id) – Malam 1 Muharam atau Tahun Baru Islam biasa diperingati masyarakat dengan berbagai kegiatan.

Anak-anak, remaja hingga orang dewasa biasanya melakukan pawai obor berkeliling kampung. Setelah itu dilanjutkan dengan khutbah dan berdoa bersama di akhir tahun.

Hal itu pula yang dilakukan di Kompleks Perumahan Bumi Cilebut Damai (BCD), Bogor, Jawa Barat. Sejak sore ratusan anak-anak dan remaja sudah berkumpul di halaman masjid Rizqon Hasanah BCD, Bogor, Jawa Barat.

Masing-masing di tangan mereka memegang obor. Jalan boulevard kompleks perumahan juga sudah disulap sedemikian rupa dengan mendirikan beberapa tiang-tiang obor.

Suasana pun jadi meriah. Selepas azan Maghrib lampu obor mulai dinyalakan dan mereka berkeliling kompleks perumahan mulai dari RT 001 hingga RT 006.

Lantunan takbir dan salawat pun terdengar saat ratusan anak-anak dan remaja pawai keliling kompleks perumahan.

Hal itu menjadi pengalaman menarik buat mereka. Mereka menikmati malam pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah.

Usai keliling kompleks mereka kemudian menuju masjid untuk melaksanakan salat Isya berjamaah lalu mendengar tausiah dari Ustaz Misbah.

Ibu-ibu dan bapak-bapak pun ikut serta di acara tersebut. Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Rizqon Hasanah Bumi Cilebut Damai, Jaya Nurdin menyambut gembira kegiatan pawai obor tersebut.

Menurutnya, kegiatan pawai obor dalam rangka Tahun Baru Islam adalah untuk mengenalkan tradisi pergantian tahun tepat di 1 Muharam.

“Alhamdulillah, pada tahun ini kita mulai untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam. Tujuannya yaitu untuk memperkenalkan kepada putra putri kita untuk mengenal tahun-tahun Islam, tahun Hijriah,”kata Jaya Nurdin saat ditemui di depan Masjid Rizqon Hasanah Kompleks BCD, Bogor,  dilansir dari Tribunnews, Senin(10/9/2018).

Jaya Nurdin pun berharap atas adanya kegiatan tersebut tidak hanya anak-anak dan remaja yang ikut serta melainkan seluruh orangtuanya baik ayah atau ibu, kakek atau nenek.

Mereka bisa ikut serta memeriahkan malam pergantian Tahun Baru Islam. Pantauan Tribun acara malam pergantian Tahun Baru Islam masih dihelat.

Ratusan warga ikut berkumpul di Masjid, acara juga diisi dengan lantunan marawis dari karang taruna Kompleks BCD, Bogor. (Red/Lya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here