Sebagai Bentuk Apresiasi, Korem 061/SK Gelar Acara Babinsa Arwad Tahun 2018

0
260
Danrem 061/Suryakencana Kolonel Inf Mochammad Hasan.

BOGOR (Garudanews.id) – Danrem 061/Suryakencana Kolonel Inf Mochammad Hasan mengatakan, Bintara pembina Desa (Babinsa) TNI AD merupakan aparat terdepan teritorial TNI AD yang sering disebut ujung tombak teritorial atau unsur terdepan dari mata rantai Pembinaan Teritorial yang berhadapan langsung dengan Masyarakat.

“Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional, melaksanakan tugas seperti membina, membimbing dan mendukung percepatan pembangunan di Desa,” ungkap Danrem saat pidato pada acara Babinsa Award 2018 yang di gelar Mess Korem baru-baru ini.

Babinsa, lanjut Danrem, Merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ketempat kejadian, Contoh saat ada bencana banjir, gempa bumi, kecelakaan, bencana penyakit dan kejadian apapun ditengah Masyarakat, Babinsa selalu berada ditengah Masyarakat baik sebagai pembina Desa maupun sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan Masyarakat.

“Dalam melaksanakan tugasnya, Babinsa juga selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat terkait di Desa dan Kelurahan juga tokoh Masyarakat, Agama dan Tokoh Pemuda serta elemen Bangsa Lain dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tugas yang diembanya,” ujar Danrem.

Lebih Lanjut, Danrem juga menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan kegiatan penghargaan Babinsa Award 2018 adalah memberikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja Babinsa karena selama ini, Babinsa menjadi ujung tombak teritorial di Korem 061/Suryakancana.

Apresiasi terebut dikemas dalam bentuk kegiatan lomba foto dan video yang diikuti oleh masyarakat umum, pelajar dan wartawan, Selain memberikan apresiasi kepada Babinsa, pada kesempatan itu juga Danrem juga memilih jajaran kepolisian melalui Babinkamtibmas terbaik sebagai mitra Babinsa dalam melaksanakan tugasnya di Desa.

“Sesuai dalam undang-undang, tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan. Yaitu memberdayakan seluruh wilayah yang ada di Indonesia untuk bagaimana berfungsi sebagai alat kesejahteraan dan pertahanan serta aplikasi sampai ke bawah itu babinsa yang mengerjakan,” ujarnya.

Mengelola geografi, demografi dan kondisi sosial. Hal-hal kecil yang dilakukan oleh babinsa adalah pengembangan besar terhadap bangsa ini. Babinsa bela Bangsa.

Bentuk apresiasi yang di kemas seperti itu supaya dalam menjalankan tugasnya, Babinsa lebih fleksible dan tidak terlalu kaku.

“Kegiatan ini di gagas saya, dari ide yang dikembangkan sekitar 3 bulan yang lalu sehingga munculah Babinsa Award ini,” tutupnya.

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Wakapolresta Bogor, Ketua IMO, Kasrem 061/Sk, Dandim 0606/Kota Bogor, Tokoh Masyarakat, Budayawan, Awak Media, perwakilan Danramil serta Babinsa di wilayah Korem 061/Sk. (Apih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here