Wakil Ketua DPR Minta Pemerintah Evaluasi Meskapai Lion Air

0
122
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah /ist

JAKARTA (Garudanews.id) –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diminta segera melakukan evaluasi terhadap maskapai perbangan Lion Air.

Hal ini menyusul musibah jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan JT-610 di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10) pagi. Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah seperti dalam keterangannya,  Senin (29/10).

“Kita wajib tahu apa penyebabnya,” kata Fahri Hamzah kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin (29/10).

Fahri menegaskan, evaluasi terhadap maskapai penerbangan berlogo Kepala Singa itu perlu dilakukan, karena keselamatan penerbangan tidak bisa ditawar-tawar.

“Sebenarnya ada apa sih? Kenapa lagi-lagi Lion Air yang makan korban, kenapa tidak bisa mencontoh safety-nya pesawat Garuda,” ucap politisi dari PKS itu mengaku heran.

Selain itu, dirinya juga minta dalam rangka pembayaran asuransi korban agar cepat diselesaikan.

“Percepatan pembayaran asuransi bagi korban harus diutamakan,” harap Anggota DPR asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu lagi.

Di sisi lain, Fahri mengapresiasi upaya cepatnya pihak Basarnas menemukan titik koordinat jatuhnya pesawat. Kalau penyebab biar perhubungan yang mengungkap, dia hanya melihat dari sisi UU.

“Ini penting, pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Lion Air harus menjelaskan ada apa dan kenapa, agar kedepannya Lion air tidak lagi seperti ini, apakah ada pelanggaran UU atau tidak. Ini penting untuk memastikan keselamatan penerbangan, itu nomor satu,” pungkas Fahri Hamzah.

Sementara itu,  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan,  pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap meskapai penerbangan Lion Air.

Terkait dengan jatuhnya pesawat JT 160 yang ditumpangi oleh 189 orang itu,  Menhub berjanji akan memberikan sanksi dan pasal yang diberikan kepada meskapai berbiaya murah tersebut.
“Ya kami akan memberikan pasal kepada Lion Air setelah adanya hasil kesimpulan dari KNKT.  Namun bentuknya apa belum dijelaskan sekarang,” ujar Budi Karya saat menggelar konferensi pers terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 160, Senin (29/10).

Menhub mengatakan,  pihaknya akan segera mempelajari adanya blask box setelah ditemukan oleh tim dari BASARNAS. (Edr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here