Walhi: Kerusakan Lingkungan Hidup Di Kabupaten Bogor Sudah parah

45

Bogor (Garudanews.id) – Kondisi kerusakan lingkungan di Kabupaten Bogor sangat memprihatinkan. Menurut Wahana Lingkungan (Walhi) Jabar, kerusakan yang terjadi sudah mrncapai  60 persen akibat kerakusann manusia. Lembaga yang menyoroti lingkungan hidup itu berharap agar pemerintah daerah memiliki perhatian khusus terkait persoalaan ini.

“Kerusakan Lingkungan terjadi hampir ditiap wilayah, terutama di Bogor Timur yang diakibatkan oleh aktivitas perusahaan golongan C,”jelas Dadan Ramdan Ketua Walhi Jabar. Hal serupa terjadi juga di wilayah Bogor Barat.

Bahkan parahnya lagi kawasan Puncak yang menjadi daerah resapan air pun sangat memprihatinkan.

“Untuk puncak kerusakannya itu sudah mencapai sekitar 75 persen. Padahal kawasan ini menjadi daerah sentral bagi kelangsungan wilayah Ibu Kota Jakarta,”ujarnya.

Dadan pun menyoroti rencana pembangunan bendungan Gadok, Kecamatan Megamendung, yang sejatinya perlu dikaji secara aspek umum.

“Mengingat kawasan tersebut merupakan dataran tinggi dan kontur tanahnya pun sangat labil. Sehingga hal ini perlu dikaji secara matang agar tidak memberikan dampak buruk yang berimbas pada masyarakat,”ujarnya.

Menyoroti persoalaan serupa, terpisah Asep Rendra, Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan di LSM Komunitas Rumpun Hijau, meminta kepada Pemkab Bogor, membuat regulasi khusus bagi kawasan Puncak.

“Sebab bila bicara kontek puncak tidak lepas dari peranan pemerintah pusat. Maka dari itu Pembkab Bogor harus lebih pro aktif untuk menjalin komunikasi dengan pemprop, Pemda DKI dan Pemerintah Pusat. Karena kawasan ini sudah menjadi yang tidak terlepaskan dari ketiga lembaga di atas”terangnya.

Untuk itu, tambahnya, sangat diperlukan aturan khusus yang mengatur berbagai aspek, termasuk lingkungan di wilayah yang sering dikunjungi oleh warga Timur Tengah ini.

” Pemkab Bogor jangan pasif, karena keberadaan puncak sangat berpengaruh pada kondisi ibukota” tambahnya.

“Ruh Kepres no 44 tahun 1999 yang ditelurkan jaman  kepresiden Megawati sangat substansional untuk melindungi Puncak. Tinggal bagaiman pemerintah daerah membuat regulasi yang di sesuaikan dengan semangat aturan tersebut,”tukasnya.sep/cj

Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor
Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogorloop
Anda mungkin juga berminat