Saat Arus Mudik Seluruh Pintu Tol Soker Akan Dibuka

80

BOYOLALI (Garudanews.id) – Seluruh pintu keluar masuk di jalan tol Solo-Kertosono (Soker) akan dibuka untuk mengakomodasi pada saat Arus Mudik Balik Lebaran 2017, nanti. Pintu tol yang dibuka antara lain di wilayah Ngasem (tepi Jalan Solo-Boyolali), pintu tol Klodran Karanganyar, pintu tol Kebakkramat Karanganyar, Pungkruk Sragen, dan satu pintu lagi di perbatasan Jateng-Jatim.

“Seluruh pintu tol akan dibuka untuk jalur alternatif bagi pemudik. Saat ini kami sedang menyelesaikan sejumlah proyek yang nantinya digunakan untuk melintas pemudik,” kata kasatker Pembangunan Jalan Tol Soker Kementerian PUPR, Agung Sutarjo, Selasa (2/5).
Agung yang ditemui wartawan di sela-sela aksi damai penutupan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di pintu masuk tol Klodran menuturkan, secara spesifik pekerjaan jalur di tol Soker sudah mencapai 80 persen. Pihaknya mengejar target pada Desember tahun ini seluruh jalur tol bisa dioperasionalkan. Namun begitu, Agung yang baru saja menjabat sebagai kasatker mengeluhkan lambanya proses pengerjaan proyek karea kendala utama tak tersedianya lahan. Pihaknya sudah menyampaikan persoalan itu kepada panitia pengadaan tanah (P2T) agar lahan yang dipakai untuk jalur tol segera dibebaskan. Demikian sebagaimna suaramerdeka memberitakan.

“Kami sendiri juga kerepotan bila proyek terkendala pembebasan lahan. Semestinya pembebasan lahan menjadi prioritas diselesaikan agar proyek tol segera selesai,” imbuhnya.

Terkait adanya aksi blokade pintu tol oleh warga yang lahannya belum terbayarkan karena terdampak tol. Agung mengaku prihatin akan kejadian itu. Pihaknya menyerahkan hal itu kepada aparat kepolisian dan pihak terkait agar persoalan itu bisa terselesaiakan. “Semoga secepatnya beres. Kompensasi terbayarkan dan blokade pintu tol segera dibuka agar bisa dilintasi pemudik,” katanya.

Kapolsek Ngemplak, AKP Joko Widodo mengatakan, kejadian ditutupnya pintu tol Soker Klodran merupakan respons dari warga atas berlarut-larutnya masalah ganti rugi lahan. “Saat ini kami akomodir dulu keinginan warga menutup tol. Tapi nanti saat akan dilintasi pemudik semoga bisa dibuka dan dilintasi,” kata kapolsek. (Red)

Anda mungkin juga berminat