Warga Menunggu SAB, Pengerjaan Fisik Pamsimas di Purwakarta Terbengkelai

239

PURWAKARTA (Garudanews.id) – Bantuan Program fisik Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di sebagian desa di Kabupaten Purwakarta, dinilai belum maksimal. Hal tersebut terungkap berdasarkan pemantauan sejumlah awak media di sejumlah titik. Salah satunya di Desa Karangmukti, Kecamatan Bungursari, Purwakarta, Jabar.

Aep Salah seorang warga setempat menuturkan sejak di bangunya fisik Sarana Air Bersih (SAB) program Pamsimas Bantuan Pusat APBN ini, warga setempat mengaku belum ada saluran pipa yang menyambung masuk ke rumah warga.

“Sampai saat ini belum kita lihat saluran pipa yang masuk ke rumah padahal Pamsimas ini kita menunggu realisanya fungsimya sebagai Sarana air bersih sangat penting,” tegas warga pada media, Senin, (23/10).

Sedangkan terkait masih belum berfungsinya proyek ini di akui oleh Yusuf selaku ketua Panitia Pogram Pamsimas Desa Karangmukti yang beralasan menunggu anggaran tahap ketiga yang belum cair.

“Memang sarana program pamsimas ini belum bisa berjalan masih terkendala anggaran yang belum cair,” bantah Yusup, yang juga ketua Panitia program Pamsimas.

Pihak panitia mengklaim pengerjaan program Pamsimas yang nilanya ratusan juta tersebut  sudah tahap penyelesaian. Ditargetkan bulan Nopember mendatang sudah beres di kerjakan.

“Ya kita targetkan akhir bulan ini harus selesai dikerjakan ini jadi beban kamo juga ke masyarakat semoga lancar,” harap pria yang juga staf di kantor Desa Karangmukti ini.

Namun sayangnya pengerjaan fisik Program Pamsimas bantuan Pusat tidakl dibarengi dengan pembangunan program yang berasal dari APBD Purwakarta hal ini jelas dinilai tidak konsisten sesuai kesepakatan kerja sama (MoU) antara Pemda Purwakarta dengan Pusat yang berisi jika pengerjaan Pamsismas Pusat sebanyak empat lokasi sebagai pembandingya Pemda juga harus membangun satu lokasi.

Ironisnya, sejak adanya Program Pamsimas dari mulai tahun 2015 lalu di gulirkan sampai saat ini Pemda Purwakarta belum merealisasikannya.

“Ya sesuai kesepakatan tersebut harus di patuhi namun untuk kabupaten sampai saat ini belum ada yang dibangun dikarenakan terkendala anggaranya. ” papar Riyan, Kabid Tata Ruang Dinas Terkim Putwakarta.

Diketahui,  pengerjaan program Pamsimas Bersumber dana APBN Pusat ini jumlah lokasi sejumlah total 13 lokasi yang tersebar di Desa di Kabupaten Purwakarta. (Fuljo/hnn)

Anda mungkin juga berminat