Bawaslu Siap Gandeng Mahasiswa Awasi Pilkada Kota Bekasi

58

KOTA BEKASI (Garudanews.id) – Untuk mewujudkan pilkada serentak yang jujur, transparan dan akuntabel, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi berencana merekrut mahasiswa untuk membantu proses pengawasannya.

Terkait hal tersebut, Tomy Suswanto. S.E,
Kordiv. Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, menuturkan kaitan dengan pilkada seretak 2018, pihaknya berharap semua lapisan masyarkat terlibat untuk turut mensukseskan dan menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan pilkada.

“Kami berharap seluruh anggota masyarakat bisa terlibat di dalamnya,” katanya, Selasa (30/1).

Ia mengatakan, pelakasanaan pilkada tidak mungkin bisa berjalan efektif dan bersih jika masyarakat tidak berperan aktif dalam pengawasan semua tahapan, dari tahapan persiapan dan pelaksanan.

Lanjut dia, dimana persiapan sudah diketahui Panwas atau KPU membuat struktur dibawahnya, pada tahapan tersebut ada tanggapan masyarat terhadap proses rekruitmen apakah calon struktur dibawah KPU atau Panwas sebagai anggota parpol atau tidak karena UUD mengatur harus bebas dari parpol.

“Kita berharap mahasiswa sebagai agent of control bisa, menjaankan fungsinya mengontrol semua tahapan pilkada serentak ini,” imbuhnya.

Terkait rencana melibatkan mahasiswa, pihaknya menegaskan akan melakukam koordinasi untuk hal tersebut karena harus rekrut PTPS atau pengawas TPS.

“Dan setiap TPS dijaga oleh satu orang pengawas atau PTPS sesuai UU 10 tahun 2016 dan PTPS dibentuk 23 hari sebelum pencoblosan serta berahir 7 hari setelah pencoblosan,” pungkasnya. (Gir)

Anda mungkin juga berminat