Perkuat Program Desa Berdaya, Rumah Zakat Bangun Kerjasama dengan MDI

170

SUMBAWA (Garudanews.id) – Setelah sukses membantu 17 keluarga kurang mampu melalui Program Desa Berdaya di Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa tahun 2017 lalu, kini Rumah Zakat menjalin kerja sama dengan Yayasan Mandiri Daya Insani (MDI) dalam penguatan kegiatan kewirausahaan (rumpun senyum mandiri).

Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat, Repi S menjelaskan, sejak dilaunching pada pertengahan tahun 2017 lalu, pelan namun pasti, Program Desa Berdaya mulai terlihat hasilnya dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat setempat.

“Di tahun 2018 ini, dari 12 PM (penerima manfaat) rumpun senyum mandiri (bidang ekonomi), kita akan mengambil 4 PM untuk diperkuat. Ke-4 PM ini adalah mereka yang sudah terlihat tumbuh dan berkembang. Sehingga dalam mempercepat pertumbuhannya, maka perlu dapat sentuhan lebih dan khusus,” katanya Jumat,(16/2).

Menurutnya, sentuhan lebih penguatan branding terhadap produk dan penambahan modal usaha. Oleh karena itu, dalam rangka penguatan usaha PM, dirinya membangun kerjasama dengan MDI. Dimana MDI selama ini dikenal sebagai salah satu Yayasan yang memang konsen pada pemberdayaan masyarakat di bidang kewirausahaan.

“Kita berharap, dengan terjalinnya kerjasama dengan MDI, dapat mempercepat proses penumbuhan dan pengembangan usaha PM. Sehingga 4 PM mandiri dapat kita wujudkan pada tahun ini. Selain itu, kita juga akan menambah beberapa PM baru, sehingga semakin banyak yang merasakan manfaat dari Program Desa Berdaya,” ujarnya.

Repi menambahkan, sebagai awal dari kerjasama dengan MDI,  pihaknya memberikan bantuan berupa alat pengemasan kepada salah satu PM, yaitu Masri (52) dengan produk unggulannya “tepung Pla”, kue khas Sumbawa.

“Pada hari ini juga diberikan bantuan modal awal kepada Ari Putra (20). Ari bersama Ibunya yang seorang janda, akan memulai usaha krupuk. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan usahanya,” ucapnya.

Di tempat yang sama, dr. Acil Aryadi, yang tidak lain adalah dokter spesialis jantung satu-satunya di Sumbawa, yang hadir pada saat penyerahan bantuan menyampaikan, kehadirannya karena didorong oleh rasa simpati dan salut terhadap Program Desa Berdaya, karena benar-benar dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

“Sebagai pribadi, saya memberikan apresiasi kepada Rumah Zakat yang konsen dalam pemberdayaan masyarakat. Kehadiran saya adalah bentuk dukungan pada program ini, dan saya mengajak kepada semua pihak untuk mendukung Program Desa Berdaya Rumah Zakat,” tandas dr. Acil

Anda mungkin juga berminat