Jelang Ramadhan, APEGTI Jamin Stabilitas dan Stok Gula Aman

165

JAKARTA (Garudanews.id) – Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, kerap kali dijadikan ajang untuk memainkan harga kebutuhan pokok oleh para spekulan nakal.

Diantara kebutuhan pokok yang sering menjadi sorotan jelang hari besar keagamaan adalah gula. Hal itulah yang menjadikan perhatian serius pemerintah. Negara pun tidak tinggal diam guna mengantisipasi adanya gejolak harga yang ditimbulkan oleh beberapa faktor.

Sementara itu, Asosiasi Pengusaha Gula dan Terigu Indonesia (Apegti) menjamin ketersediaan stok gula di sejumlah wilayah dapat teratasi.

“Dipastikan stok aman,” kata Ketua Umum Apegti Usman Almuthahar usai diskusi umum menyikapi peran Apegti dalam menstabilkan harga dan stok jelang Ramadhan dan Idul Fitri, di RM Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Rabu (28/3).

Naiknya harga gula menjadi perhatian Apegti. Pertama, gula mulai langka dan berkurangnya secara nasional. Kedua, ghla yang sulit didapat atau kran impor diperkecil. Ketiga sudah sulit dan antrei mendapatkan lama di jalan dan di pabrik membuat operasional semakin tinggi.

” Untuk itu, Apegti selalu berkomitmen membantu pemerintah dalam mengawasi dan menjaga stabilitas harga gula menjelang Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar dia.

Ditegaskan Usman, ketersediaan gula masih tergolong cukup untuk stok di Indonesia. Pemerintah, kata dia, telah menjaga stabilitas itu karena menjadi ketahanan pangan.

“Masih cukup, tidak ada sejarahnya tidak cukup. Hanya saja ada yang ‘main’ dari spekulan seakan-akan barang tidak ada,” katanya.

Usman mengatakan perlu adanya kerjasama semua pihak agar permainan gula oleh spekulan (Mafia) dapat diatasi.

“Peran Deperindag, Apegti, Satgas Pangan dan masyarakat penting terlibat dalam memberantas mafia tersebut,” ujarnya.

Hal ini juga diperkuat oleh Ketua Apegti Riau Nur Marpaung yang siap untuk membantu pemerintah dalam mengatasi stabikitas dan stok gula di wilayah.

“Kami berkomitmen bersama-sama pemerintah agar stabilitas harga gula jelang ramadan dan idul fitri dapat tertangani dengan baik,” ujarnya. (Dar)

Anda mungkin juga berminat