Usai Lebaran Harga Sembako di Pasar Ciawi Bogor Masih Mahal

154

BOGOR (Garudanews.id) – H+6 usai lebaran, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Ciawi Kabupaten Bogor masih belum turun alias masih mahal. Bahkan, ada satu komoditi yang tetap naik lantaran permintaan masih tinggi.

Menurut beberapa pedagang, penurunan harga biasanya akan terjadi pada H+7 Lebaran. Saat ini acuan harga tetap saat Idul Fitri.

Meski saat ini konsumen sudah tidak semembeludak puasa dan Lebaran, masih banyak permintaan daging dari hotel atau katering.

”Harga cabai merah masih tetap di kisaran Rp35.000 per kilogram. Harga jengkol malah naik dari Rp18.000 per kilogram sebelum Lebaran, kini menjadi Rp45.000 per kilogram sesudah Lebaran,” tutur pedagang sayur-mayur di Pasar Ciawi, Uwen (33) kepada garudanews.id, Kamis (21/6).

Menurut Uwen, melambungnya harga jengkol dikarenakan persediaan sedikit dan barangnya susah didapat. ”Tidak seperti hari biasa, pasca lebaran permintaan jengkol naik drastis,” katanya.

Hal yang sama, diungkapkan pedagang daging sapi, Nana (42), bahwa harga daging sapi lokal masih belum mengalami penurunan yaitu Rp120.000 per kilogram dan daging sapi impor Rp100.000 per kilogram. ”Hanya saja pembeli memang kurang, ramainya pada H-1 Lebaran,” ungkapnya.

Lanjut Nana, untuk harga daging ayam, masih belum stabil. Saat ini per kilogram dijual di angka Rp40.000. ”Kalau hari- hari biasa kurang dari segitu. Paling di kisaran Rp35.000 per kilogram,” jelasnya.
(ded).

Anda mungkin juga berminat