Akibat Kemarau Panjang, Petani di Sukabumi Gagal Panen

81

SUKABUMI (Garudanews.id) – Akibat musim kemarau yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir, mengakibatkan para petani terpaksa menghentikan aktifitas bertaninya, karena sawahnya mulai kekeringan.

”Dua hektare sawah tersebut berada di Kampung Lembur­pasir, Kelurahan Sindangsari, yang akibatnya petani terpak­sa menghentikan aktivitas ber­taninya karena sawahnya mu­lai kekeringan,” kata Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi kepada garudanews.id, Selasa (28/08).

Lanjut dia,  pihaknya selalu berupaya, khususnya dalam menjaga stabilitas air di area sawah tersebut. Namun, sayangnya sulit diwujudkan karena sumber air lainnya yang berdekatan dengan lokasi kekeringan juga sudah kering. Bahkan pihaknya juga sudah mencoba menyedot air meng­gunakan pompa namun ha­silnya tidak memuaskan dan tidak memenuhi kebutuhan. Karena, tidak bisa mengairi seluruh area sawah tersebut lantaran sumber airnya sudah kering.

”Walaupun memang luas la­han yang kekurangan tidak begitu banyak, tetapi Kota Su­kabumi hanya mempunyai lahan pertanian tinggal sekitar 1.484 hektare. Jadi kekeringan ini cukup terasa, apalagi sawah yang kekeringan itu aktif,” ung­kapnya.  (ded)

Anda mungkin juga berminat