Kunjungi Kota Bekasi, Presiden Jokowi Bagikan 52 Sertifikat Tanah Wakaf

140

BEKASI, (Garudanews.id) – Pembagian Sertipikat Tanah rakyat atau program PTSL pada tahun 2018 hampir semua selesai dibagikan. Kota Bekasi giliran mendapatkan kunjungan Presiden RI Joko Widodo. Kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka membagikan 52 Sertipikat Tanah wakaf untuk kepentingan pendidikan ( Pondok pesantren) dan rumah ibadah.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut meriah oleh warga Bekasi yang sudah mengunggu sejak pagi. Para pelajar berjejer di pinggir jalan sepanjang jalan Veteran, Bekasi. Jokowi yang datang berserta rombongan langsung menuju masjid Al Barkah yang persis terletak di Alun-alun Kota Bekasi.

Presiden Jokowi yang didampingi para Menteri juga didampingi Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, Dandim 0507/ Bekasi Letkol Arm. Abdi Wirawan, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Indarto laksanakan sholat Jumat berjamaah.

Usai melaksanakan sholat Jumat di masjid Al Barkah, kemudian Presiden menuju pendopo alun-alun untuk membagikan sertipikat wakaf. Persis di seberang alun-alun adalah Markas Kodim 0507/ Bekasi yang tak kalah sibuk melaksanakan pengamanan.

Dalam wawancaranya, Presiden Jokowi menuturkan bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang banyak dikeluhkan masyarakat dalam biaya pengurusannya, dapat dilaporkan kepada pihak berwajib.

“Kalau memang ada, laporkan saja, tapi memang dikelurahan ada dipungut biaya seperti untuk patok dan keperluan di kelurahan, tapi kalau di bpn, laporkan saja,” kata Presiden Joko Widodo, jalan Veteran, Bekasi Selatan, Jumat (25/01).

Ia juga menambahkan bahwa program PTSL hanya di pungut biaya sebesar 150 Ribu rupiah sesuai denga ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Namun, di beberapa wilayah, beberapa oknum memanfaatkan program tersebut untuk memungut biaya diluar ketentuan.

“Kalau seperti itu sudah gak bener itu, bisa laporkan saja ke polisi kalau memang ada,” tambahnya

Sementara itu, Wilayah pembagian sertipikat wakaf Masjid yakni  Kota dan Kabupaten Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang dan Cirebon.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pihaknya melalui Kementerian ATR/BPN telah membagikan sertifikat tanah wakaf sebanyak 204 di enam wilayah kota/kabupaten. Hal ini dilakukan untuk mengatasi sejumlah sengketa tanah yang berada di wilayah Jawa Barat.

“Saya mendengar setiap kunjungan ke daerah banyak sekali sengketa tanah Masjid seperti di Jakarta,” kata Jokowi dihadapan para jamaah usai shalat Jumat.

Selain di wilayah Jakarta, lanjut Jokowi, sengketa tanah juga terjadi di Sumatera. Karena itu, pemerintah telah berusaha mempercepat permasalan sengketa dengan pemberian sertifikat gratis. (Mam)

Anda mungkin juga berminat