Belum Diumumkan Pendaftaran, Quota Mudik Gratis 2019 Yang Diselenggarakan Pemkot Bekasi Sudah Penuh

107

BEKASI, (Garudanews.id) – Ramadhan sebentar lagi, seperti biasanya, usai ramadhan terjadi fenomena arus mudik lebaran. Tradisi tahunan tersebut tidak pernah sepi oleh para pemudik yang pulang kampung menuju kampung halaman mereka. Baik lembaga swasta maupun pemerintahpun berpartisipasi dalam fenomena tersebut dengan menyediakan armada bus untuk arus mudik.

Pemerintah kota Bekasi sendiri sudah menyiapkan armada bus untuk arus mudik 2019 mendatang. Sebanyak 120 armada bus telah disiapkan oleh pemerintah kota Bekasi. Melayani tujuan pulau Jawa dan Sumatera, armada bus tersebut sudah siap dioperasikan.

“Mudah-mudahan saja mudik gratis tahun ini bisa berjalan dengan aman, tertib karena kita lebih banyak sekarang, kalau kemarin kita hanya 50 bus, kebanyakan jawa tapi kita menerima pendaftaran keluar jawa juga seperti sumatera,” kaya kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Bekasi Yayan Yuliana, di pendopo Pemkot Bekasi, Senin (08/04).

120 armada bus tersebut berasal dari Kementerian Perhubungan 80 unit dan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat 40 unit. Dikatakan Yayan, kota Bekasi memenfaatkan anggaran dari luar Pemerintah kota Bekasi.

“Kota ini hanya melaksanakan operasional dari bantuan bis yang ada, kalau bantuan dari luar sudah banyak masa kita pakai juga anggaran dari kita, mengefektifkan anggaran kan lebih bagus,” tambah Yayan.

Pendaftaran mudik gratis sejak 24 Maret 2019 dilakukan dan sudah memenuhi quota. Namun, dikatakan Yayan, nantinya akan ada registrasi ulang jelang pemberangkatan. Keberangkatan akan dimulai pada 1 Juni 2019.

“Nanti waiting list, karena nanti kita ada pendaftaran ulang, kalau pendaftara ulang tidak ada, itu bisa diisi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah kota Bekasi telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pengadaan armada bus untuk mudik gratis.

“Mereka bantuan banyak, kita tidak menganggarkan dulu, kita maksimalkan bantuan yang ada saja,” tukasnya. (Mam)

Anda mungkin juga berminat