Jelang dan Selama Lebaran, Di Sukabumi Ada 13 Titik Rawan Macet

250

SUKABUMI (garudanews.id) – Menjelang dan selama lebaran 2019, di Kota dan Kabupaten Sukabumi ada 13 titik  yang berpotensi menjadi titik kemacetan. Sehingga masyarakat umum maupun pemudik harus menghindari wilayah tersebut.

Di Kabupaten Sukabumi, ada delapan titik rawan kemacetan pada arus mudik tahun ini. Yakni Pasar Cicurug, Tenjoayu, Perlintasan Rel Kereta Api Cicurug, Simpang Cidahu, Parungkuda, Pamuruyan, Cibadak dan Karangtengah.

Untuk mengantisipasinya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, berencana menerjunkan 240 personel untuk ditempatkan dibeberapa titik rawan kemacetan. Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi peningkatan volume kendaraan.

“Ini salah satu jalur yang diprediksi terjadi kemacetan pada arus mudik dan arus balik lebaran nanti,” kata Kapala Dishub (Kadishub) Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat kepada garudanews.id, Kamis (23/5).

Lanjut Lukman, pihaknya akan memprioritaskan dua titik yang memiliki tingkat rawan kemacetan tinggi. Yakni, di depan Pasar Cicurug dan Pasar Cibadak. “Kami akan memprioritaskan di dua titik ini. Tentunya, dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan ini kami berkoordinasi dan bekerjasama dengan beberapa pihak. Misalnya saja kepolisian dan Satpol PP,” tandasnya.

Lukman memperdiksi, lonjakan volume kendaraan bakal terjadi sejak H-7 sampai H+7. Untuk mengantisipasinya, Dishub bukan hanya menempatkan sejumlah personel namun juga jalan alternatif yang berada di Cicurug menuju Sukabumi akan di satu arahkan. Sehingga, kendaraan dari arah Sukabumi menuju Bogor tidak bisa melalui alternatif.

“Ya yang pasti, disetiap titik rawan kemacetan akan ada petugas yang mengatur arus lalu lintas,” tuturnya.

Kata dia, bukan hanya rawan kemacetan, Dishub juga akan berupaya melakukan pemantauan terhadap titik rawan kecelakaan khususnya Jalur Cikidang dan Jalur Geopark Ciletuh. Dimana, medan jalannya cukup ekstrim.

“Kami akan terus melakukan pemantauan dua daerah rawan kecelakaan ini. Selain itu juga, akan memasak spanduk himbuan bagi para pengendara agar lebih waspada ketika melalui jalur tersebut,” pesanya.

Sementara itu, Dishub Kota Sukabumi mendata, sedikitnya ada lima ruas jalan yang diprediksi menjadi titik rawan kemacetan. Mulai dari Jalan A Yani, Jalan RE Martadinata, Jalan Oto Iskandar Dinata, Jalan Kapten Harus Kabir dan Jalan Stasiun Timur Barat. (Dei)

Anda mungkin juga berminat