Koki Selebriti Mario Batali Hadapi Tuduhan Pelecehan Seksual

263

BOSTON (Garudanews.id) – Koki selebriti Mario Batali menghadapi tuduhan kriminal atas dugaan bahwa ia secara paksa mencium dan meraba-raba seorang wanita di sebuah restoran di Boston pada 2017, silam.

Batali, yang baru-baru ini menyerahkan saham keuangan di semua restorannya, dijadwalkan akan didakwa pada hari Jumat (24/5) atas tuduhan penyerangan dan baterai yang tidak senonoh, kata juru bicara Jaksa Wilayah Kabupaten Suffolk, Rachael Rollins.

Ini adalah tuntutan kriminal pertama terhadap Batali yang dilakukan dari beberapa pelecehan seksual dan tuduhan penyerangan yang melumpuhkan karirnya di tengah gerakan #MeToo.

Dilansir dari globalnews, sebuah  pengaduan kriminal yang diajukan bulan lalu mengatakan wanita itu mengatakan kepada polisi bahwa Batali memperhatikan dia mengambil fotonya di restoran dan menawarkan diri untuk berfoto selfie dengannya, The Boston Globe melaporkan.

Wanita itu mengatakan Batali kemudian meraih dadanya, mencium wajahnya dan menyentuh pangkal pahanya tanpa persetujuannya.

Rincian dalam pengaduan mencerminkan orang-orang dalam gugatan perdata yang diajukan terhadap Batali pada bulan Agustus. Gugatan mencari ganti rugi yang tidak ditentukan untuk “tekanan emosional yang parah” termasuk kecemasan dan keraguan diri.

Seorang pengacara Batali mengatakan, koki itu menyangkal tuduhan itu.

“Tuduhan itu, diajukan oleh orang yang sama tanpa dasar baru, tidak berdasar,” kata Jaksa Anthony Fuller dalam sebuah pernyataan melalui email. “Dia bermaksud untuk melawan tuduhan itu dengan keras dan kami berharap hasilnya benar-benar membuktikan Tuan Batali,” kata Fuller.

Beberapa wanita lain sebelumnya telah mengajukan tuduhan pelanggaran seksual oleh Batali. Batali mengundurkan diri dari operasi sehari-hari di kerajaan restorannya dan acara memasak “The Chew” pada Desember 2017 setelah empat wanita menuduhnya melakukan sentuhan yang tidak pantas.

Batali meminta maaf bulan itu, mengatakan tuduhan itu “cocok” dengan cara dia bertindak.

“Saya telah melakukan banyak kesalahan dan saya sangat menyesal bahwa saya telah mengecewakan teman-teman saya, keluarga saya, penggemar saya dan tim saya,” kata Batali dalam buletin email.

“Perilaku saya salah dan tidak ada alasan. Saya bertanggung jawab penuh,” sesalnya.

Departemen Kepolisian New York mengatakan tahun lalu bahwa pihaknya sedang menyelidiki tuduhan pelecehan seksual terhadap koki tersebut setelah seorang wanita mengatakan kepada “60 Minutes” bahwa Batali membius dan secara seksual menyerangnya pada tahun 2005. Batali membantah telah menyerang wanita itu. (Red)

Anda mungkin juga berminat