Politisi PDIP Ini Sebut Ada Lima Poin Yang Prinsip Dalam Regenerasi Partai

269

JAKARTA (Garudanews.id) – Anggota DPR RI Maruarar Sirait mengungkapkan setidaknya ada lima poin yang sangat prinsipil dalam regenerasi di partai politik.

Menurutnya lima poin akan tersebut membuat parpol semakin kokoh dan handal yaitu ideologi, pemimpin yang punya kemampuan solidarity maker, kader parpol yang ditugaskan menjadi pejabat publik harus punya prestasi yang terukur, sehat jasmani, serta mampu mendulang aspirasi.

Menurutnya kelima poin tersebut akan mencetak pemimpin yang memiliki visi kedepan. “Yang membuat alasan kita kokoh, satu ideologi, yang kedua solidarity maker, yang ketiga prestasi yang terukur, yang keempat sehat, kelima adalah aspirasi dari internal,” paparnya di Media Center Parlemen, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Dalam acara diskusi Dialektika Demokrasi yang bertema ”Regenerasi Parpol, Hanya Basa-Basi atau Harga Mati” dia juga mengungkapkan bahwa politisi yang ideal harus melewati proses kaderisasinya berjenjang, di setiap jenjang punya prestasi yang nyata. Kemudian berproses perjuangan seorang politisi haruslah progresif.

“Sebagai politisi kita memperjuangkan apa dan siapa yang kita yakini benar. Apa itu sebuah agenda, siapa itu orang yang kita yakini benar. Parameternya ideologi pancasila dan aspirasi rakyat,” ungkap Ara sapaan akrab politisi fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia juga memaparkan, perbedaan antara karyawan politik dengan politisi. Menurutnya karyawan politik hanya menjalankan perintah dan sistem yang sudah ada, sementara politisi memperjuangkan yang belum ada dan yang belum diputuskan, tapi sesuai ideologi, sesuai aspirasi rakyat, dan sesudah menjadi keputusan harus diperjuangkan.

“Tanpa inisitif dan tanpa langkah-langkah yang progresif kita tidak akan perna menjadi pejuang-pejuang, bahkan ide saja tidak punya, tidak punya keberanian menyampaikan ide, apa lagi memperjuangkan ide dan gagasan besar. Lama-lama jadi karyawan politik, bukan menjadi politisi,” pungkasnya. (mhd)

Anda mungkin juga berminat