Sebanyak 1.582 Calhaj Asal Kabupaten Sukabumi Mulai Diberangkatkan

308

SUKABUMI (garudanews.id)–Sebanyak 1.582 Calon jamaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Sukabumi mulai diberangkatkan.

Keberangkatanmereka difokuskan di Pusbangdai, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar. Sebelum diberangkatkan ke tanah suci, mereka akan transit di Embarkasi Haji, Bekasi.

“Untuk kloter 15 yang sudah diberangkatkan pada hari Selasa 9 Juli 2019 lalu, sebanyak 404 calhaj. Mereka direncanakan kembali pada Rabu 21 Agustus mendatang,”terang Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Kabupaten Sukabumi, Ramlan Rustandi kepada garudanews.id, Kamis (11/7/2019).

Ramlan berharap, pelaksanaan haji tahun ini akan berjalan dengan tertib dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Pemberangkatan mereka dibagi pada empat kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 15, Kloter 39, Kloter 59 dan Kloter 69.

Lanjut Ramlan, sementara untuk Kloter 39, jumlah jamaah sama dengan Kloter 15 yakni 404 jamaah. Mereka direncanakan berangkat pada Rabu, 17 juli dan kembali pada Rabu, 28 Agustus mendatang. “Sedangkan, bagi Kloter 59, jumlah jamaah sebanyak 370 orang,”katanya.

PPIHD menjadwalkan, kloter terakhir keberangkatannya pada Rabu, 24 Juli dan pulang pada 05 September. Untuk Kloter terakhir, jumlah jamaah sebanyak 404 orang dan direncanakan berangkat pada Sabtu, 27 Juli dan rencana pulang pada Minggu, 8 September mendatang.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar tanpa ada perubahan lagi dari Kementrian Agama (Kemenag ) pusat. Jadwal pemberangkatan ini merupakan jadwal dan informasi terakhir yang kami terima dari pusat,” imbuhnya.
Ramlan meminta kepada seluruh panitia untuk melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kegiatan tahun sebelumnya.

“Lakukan penilaian dan evauasi kegiatan tahun kemarin supaya tahun ini lebih baik lagi. Kita pastikan para jamaah aman. Saya minta kepada seluruh panitia supaya bekerja, mengawasi dan memfasilitasi peserta haji. Jangan sampai ada yang memanfaatkan situasi,” jelasnya.
(Ded)

Anda mungkin juga berminat