Cari Dana Segar, DPRD Ramai-Ramai Gadai SK

277

JAKARTA (Garudanews.id) – Pelantikan dewan sepekan lalu, anggota DPRD DKI dikabarkan mulai mencari dana segar.

Langkah pertama yang dilakukan, dengan menggadaikan SK pengangkatan sebagai wakil rakyat di DKI Jakarta.

Aksi gadai SK di DPRD DKI bukan kali pertama, sebab pada periode lalu pun hal itu kerap dilakukan anggota dewan lama untuk memenuhi kebutuhan pasca pelaksanaan pileg.

Adanya penomena seperti itu pun diamini sekwan DPRD DKI, yuliadi. Menurutnya, gadai SK merupakan hak anggota dewan yang tidak bisa dihalangi dan tidak melanggar hukum. Karenanya, hal itu bukan persoalan yang harus dibesarkan.

“Kalau mau jujur hal seperti itu tidak hanya dilakukan anggota dewan. Tapi juga PNS pun melakukan hal yang sama,” ujar sekwan DPRD DKI, Yuliadi.

Menurutnya, aksi gadai SK pengangkatan anggota dewan kerap dilakukan tanpa sepengetahuan sekwan.

Sebab, hal itu dilakukan langsung dengan pihak pemberi kredit, yakni bank. Jika kesepakatan antara bank dan anggota dewan sudah terpenuhi. Aksi gadai SK pun akan terlaksana.

“Pihak sekwan hanya mengatur gaji yang akan diterima setiap anggota. Kalau kemudian ada akad dengan bank untuk kredit. Lalu setiap bulannya dipotong, itu kan diluar kewenangan sekwan,” jelasnya.

Seperti diketahui, tidak hanya anggota dewan di DKI. Aksi gadai SK pengangkatan pun kerap dilakukan dewan di luar Jakarta.(Hnn)

Anda mungkin juga berminat