Masyarakat Adat Dayak Kabupaten Ketapang Gelar Raker

206

KETAPANG (Garudanews.id) – Bupati Ketapang Martin Rantan yang juga Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) secara resmi membuka Rapat Kerja (Rakeŕ) dan pagelaran pentas seni budaya dan pameran DAD Kabupaten Ketapang ke-VII.

Acara tersebut dimeriahkan dengan seremony kegiatan carnaval display seluruh etnis yang ada di kabupaten Ketapang serta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan undangan yang menggunakan atribut Dayak pada Rabu (4/09).

Menurut rencana Raker dan pameran DAD tersebut berlangsung dari tanggal 4-8 September yang akan dihadiri oleh Ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat serta Presiden Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) Cornelis.

Ketua Panitia Raker Pentas Seni dan Budaya Dayak F.Akia mengatakan dalam event ini akan diadakan bermacam jenis pertandingan baik olah raga tradisional berupa pencak silat asli suku Dayak, lomba menyumpit,Pangkak Gasing, dan lainnya. Selain itu, dilakukan lomba pentas seni dan budaya serta pameran barang-barang kerajian Dayak lainnya antar kontingen.

“Hal ini dilakukan sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata terhadap budaya adat istiadat dan tradisi serta mengangkat kearifan lokal,” terang Akia.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat Adat Dayak juga akan melaksanakan ritual upacara adat yang disebut “Beniat Benajar, Bepintak Mencatu ke Perimbang Tanah Arai”.

“Dengan tujuan memohon ijin dan meminta  perlindungan kepada Sang Pencipta sebagai penguasa langit dan bumi beserta seluruh ciptaannya agar,selama melaksanakan kegiatan tersebut tidak ada aral rintangan,” katanya mengakhiri. (Ams/hnn).

Anda mungkin juga berminat