Pemprov DKI Diminta Antisipasi Dampak Ekonomi Akibat Corona

195

JAKARTA (Garudanews.id) – Merebaknya wabah corona di Indonesia harus disikapi dengan tenang. Selain itu pemerintah diharapkan menyiapkan langkah-langkah strategis dalam menyikapi kondisi yang terjadi saat ini.

Politisi PDI Perjuangan DPRD DKI Sjahrial mengungkapkan dampak corona yang mewabah di dunia termasuk Indonesia akan sangat dahsyat, khususnya dibidang perekonomian.

“Perekomian akan melemah. Pengusaha sektor riil mulai merasakan dampak wabah corona terhadap dunia usaha. Salah satu yang paling terasa adalah ketersediaan bahan baku dari China yang terhenti karena proses produksi di China belum normal juga pelabuhan ekspor yang belum banyak operasi,” ujar Sjahrial kepada wartawan, Selasa (3/3/2020).

Anggota komisi C DPRD DKI ini mengatakan kondisi pasokan bahan baku bagi industri dalam negeri sebagian dari China. Bila ini berlanjut maka akan berdampak pada kinerja ekspor.

“Selain itu juga sektor pariwisata akan mengalami penurunan pendapatan. Jumlah wisatawan luar negeri ke Jakarta akan berkurang drastis. Tentunya ini sangat berdampak terhadap sektor penerimaan pajak yang selama ini digunakan untuk membiayai pembangunan,” bebernya.

 

Untuk itu politisi dapil Jakarta Timur ini mengharapkan Pemprov DKI menyiapkan langkah-langkah strategis dalam bidang ekonomi terkait wabah corona ini.

“Pemprov harus bersiap-siap ubtuk menghadapi dalam penurunan penerimaan pajak. Karena sektor-sektor riil pajak akan berkurang. Mulai dari sekarang disiapkan plan B mengantisipasi kondisi ini. Masyarakat jugs kita himbau agar tidak panik dan memborong bahan-bahan kebutuhan pokok,” tegasnya. (Sfn)

Anda mungkin juga berminat