Kera di Lokasi Wisata Grojogan Sewu Ikut Terdampak Covid-19

362

KARANGANYAR (Garudanews.id) – Dampak dari Covid 19 tidak hanya melanda manusia, hewan – hewan liar pun juga mengalami dampak, yang juga berbalik kepada masyarakat sekitar.

Hal itu seperti yang terjadi pada kera – kera penghuni Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Kera – kera yang biasanya dikasih makan oleh para wisatawan dan pedagang sekitar, sekarang tidak lagi. Karena tempat wisata ditutup, maka tidak ada kunjungan sama sekali, pedagangpun juga memilih tutup. Sehingga kera – kera tersebut akhirnya masuk ke perkebunan warga di sekitar air terjun untuk mencari makan.

Untuk mengantisipasi hal – hal yang merugikan masyarakat, relawan setempat bersama Polsek Tawangmangu memberi makan kera – kera secara rutin.

“Banyak kera yang mulai mencari makan di kebun kebun masyarakat, akibat tidak adanya sumber makanan di lokasi wisata Grojogan Sewu. Maka kami bersama rekan – rekan Tim Reaksi Cepat ( TRC ) Tawangmangu dan Polsek Tawangmangu memberi makan kepada mereka,” ujar Rusdiyanto, salah satu relawan kepada Kantor Berita Online Garudanews.id, Jumat, (03/04).

Makanan yang berupa buah – buahan dan sayur itu mereka dapatkan dari sumbangan pedagang Pasar Tawangmangu. ” Kami minta kepada para pedagang di pasar, banyak buah – buahan yang reject, kami ambil dan kami kasihkan ke kera – kera tersebut,” terangnya.

Kapolsek Tawangmangu AKP Ismugiyanto, membenarkan adanya kegiatan tersebut. ” Iya, hal itu untuk mengantisipasi gangguan yang bisa merugikan masyarakat. Makannya kami bersama Forkompincam dan kawan – kawan relawan berinisiatif memberi makan kera – kera tersebut karena memang tidak ada kunjungan wisata sama sekali, sehingga kera – kera tersebut jadi kelaparan,” tandasnya.

Kegiatan ini untuk sementara waktu dilakukam setiap hari Kamis. ” Sudah beberapa kali setiap Hari Kamis kami memberi makan kepada kera tersebut. Semoga tidak menggangu masyarakat sekitar. Dan kami himbau masyarakat tetap waspada terhadap kera – kera tersebut ” pungkasnya. (Yos/Fz/Cj)

Anda mungkin juga berminat