Pasukan China Adu Tembak dengan Militer India di Perbatasan

187

CHINA (Garudanews.id) – Ketegangan antara pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dan pasukan Tentara India (BTS) kembali terjadi di Nakula, perbatasan antara kedua negara.

Kementerian Pertahanan India menjelaskan, bentrok antar tentara patroli perbatasan dua negara itu terjadi pada akhir pekan kemarin. Bentrokan terjadi karena masing-masing pihak sempat bersitegang terkait dengan garis batas di wilayah Sikkim, timur laut India.

“Perilaku agresif oleh kedua belah pihak mengakibatkan cedera ringan pada pasukan. Kedua belah pihak melepaskan diri setelah dialog dan interaksi di tingkat lokal,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari viva.

Akibat insiden tersebut, tujuh orang tentara China terluka. Sementara dari pihak tentara India, empat orang personel terluka, dan satu unit kendaraan rusak ringan. Salah satu sumber militer yang tidak disebutkan namanya mengatakan, jumlah tentara yang terlibat bentrok fisik sekitar 150 orang.

Hingga saat ini, otoritas China masih belum menyampaikan keterangan resmi atas insiden yang terjadi di Nakula tersebut.

Perlu diketahui, ketegangan antar dua negara ini di wilayah perbatasan sebenarnya bukan baru kali ini saja terjadi. Pada tahun 2017 lalu, Tiongkok dan India sempat mengerahkan ratusan tentaranya di dataran tinggi Doklam dekat perbatasan India, Bhutan, dan China. Ketika itu, India keberatan atas pembangunan jalan yang dilakukan oleh China di daerah Himalaya.

Sengketa perbatasan antara India dan China mencakup Line-of-Control sepanjang 3,488 km, perbatasan de-facto antara dua negara terpadat di dunia. Perselisihan itu menyangkut kontrol China atas Arunachal Pradesh, sementara India mengklaim itu adalah wilayah mereka.(qq)

Anda mungkin juga berminat