Awalnya Diragukan Orang, Yulius Benardi Melukis Pakai Kopi

132

PRINGSEWU (Garudanews.id) – Melukis di atas sebuah kanvas dengan menggunakan cat air atau cat minyak tentunya merupakan sesuatu hal yang biasa dan lazim dilakukan oleh seorang pelukis di manapun di belahan bumi ini. Namun melukis dengan menggunakan cairan kopi tentu menjadi istimewa dan memiliki keunikan tersendiri.

Adalah Yulius Benardi, warga Pekon Tegalsari, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, yang begitu terampil menggerakkan kuas berisi cairan kopi pada media apapun, baik kanvas, kertas maupun permukaan media lainnya.

Yulius memang memiliki darah seni yang mengalir di tubuhnya. Ia memang terlahir dari keluarga seniman. Ayahnya pun juga seorang seniman, seangkatan dengan BM Gutomo, seniman teater legendaris di Provinsi Lampung. Tak heran, jika jiwa seni orangtuanya menurun ke Yulius.

Menurut Yulius Benardi, melukis menggunakan kopi ia tekuni sejak 2007 silam. Kemudian pada tahun 2008, ia bersama 9 orang rekannya mengikuti sebuah pameran di Taman Budaya Lampung, dan hingga kini, berbagai eksibisi dan pameran lukisanpun ia ikuti untuk memamerkan berbagai karyanya. Salah satu lukisan karya Yulius tahun 2007 lalu, saat ini masih terpajang di RS Bintang Amin Husada, Bandar Lampung.

Yulius Benardi juga mengungkapkan sedikit perjalanannya dalam melukis menggunakan kopi. Pada awalnya, banyak orang yang meragukan hasil karya lukisan menggunakan bahan kopi. Tetapi, menurut pengakuannya, seorang presiden direktur sebuah perusahaan besar di tanah air justru memberikan semangat, dukungan dan motivasi untuk terus melukis menggunakan media apapun, termasuk kopi, sehingga ia dapat eksis hingga kini sebagai seorang pelukis. Ia juga mengatakan bahwa semua jenis kopi bisa dipergunakan untuk melukis, baik dengan media kain kanvas, maupun kertas, triplek dan lainnya.

Wakil Bupati Pringsewu.H.Fauzi, juga begitu kagum dengan karya-karya tangan dingin Yulius. Bahkan, ia juga merupakan salah satu publik figur yang pernah dilukis oleh Yulius Benardi, selain tokoh-tokoh lain seperti Gubernur Lampung Arinal Djunaedi, mantan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Polisi Argo Yuwono, dan lainnya.

Saat berkunjung ke kediaman Yulius yang cukup artistik dengan pagar halaman yang juga terbilang unik berupa deretan sepeda jenis jengki tidak terpakai, pada Sabtu (6/6/20) petang, Wabup Pringsewu didampingi Wakil Ketua TP-PKK sekaligus anggota DPRD Pringsewu Hj.Rita Irviani Fauzi, Kepala Kesbangpol Sukarman dan Camat Gadingrejo Yuli Susapto, serta Kasubbag Dokpim Protokol Pemkab Pringsewu Rustadi Wijaya, mengaku bangga terhadap prestasi dan karya-karya Yulius Benardi.

Ia berharap kedepan akan muncul pelukis-pelukis dan seniman handal lainnya dari Pringsewu yang bisa unjuk kebolehan di kancah nasional dan internasional. Hal tersebut mengingat Lampung merupakan salah satu satu daerah penghasil kopi terkenal di tanah air.

Wabup Pringsewu juga mempersilakan elemen masyarakat untuk dapat membuat sebuah perlombaan misalnya melukis dengan menggunakan kopi, dan lainnya. (Ben)

Anda mungkin juga berminat