Kunjungi Rungkun Awi Puncak, Menteri Teten Ingin Ada Sesuatu Yang Khas Disana

136

Kabupaten Bogor (Garudanews.id) – Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah ( UKM ), Teten Masduki, hari ini, Kamis, 30/07, berkesempatan mengunjungi lokasi Konservasi Bambu Rungkun Awi, di Kp. Cisampay, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kedatangan Teten atas undangan musisi Jazz Indonesia, Idang Rasyidi. ” Beliau datang sebagai kawan, atas ajakan saya mengunjungi Rungkun Awi yang di gagas Teja ” ujar Idang kepada Garudanews.id.

Teten sebelumnya sudah di kirimi foto – foto terkait Rungkun Awi oleh Idang. Melihat foto – foto yang dikirim, Teten penasaran dan ingin melihat langsung seperti apa Rungkun Awi yang di sampaikan Idang.

” Saya penasaran melihat foto – foto yang dikirim kesaya, makanya saya datangi langsung. Dan ternyata memang luar biasa potensinya. Tidak salah Idang mengajak saya kesini ” tutur Teten sambil tertawa sumringah.

Idang dan Teten terlibat pembicaraan yang serius meski kadang di selingi candaan khas Idang Rasyidi. Mereka membicarakan potensi yang bisa di garap di Rungkun Awi. Banyak rencana yang di bicarakan, agar Rungkun Awi bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam dan budaya yang mempunyai ciri khas dengan produk – produk lokalnya.

” Tempatnya sangat menarik, tinggal di buat perencanaan yang tetap mengunggulkan kearifan lokal, khususnya yang berhubungan dengan bambu dan bisa melibatkan warga sekitar dalam aktifitasnya nanti” papar Teten.

” Saya berharap, kearifan dan budaya lokal yang dikemas dengan baik yang melibatkan anak – anak dan kaum millenial menjadi ikon di Rungkun Awi kedepan. Pelan – pelan nanti coba kita konsep bersama. Harus ada sesuatu yang khas di sini nanti. Ini bisa menjadi salah satu spot spot kecil kearifan lokal di negeri ini ” terangnya.

Teten mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Teja terhadap Rungkun Awi ini. ” Ini luar biasa, masih ada hutan bambu yang begitu eksotis di Puncak. Ada sungainya lagi, airnya bening, dan suasananya tidak bising, bikin betah siapa saja yang main kesini” tandasnya.

Disela – sela perbincangan, Idang Rashidi menyuguhkan musik dan tarian yang dia ciptakan untuk Rungkun Awi.

” Ini adalah Tarian Jojogetan. Penari nya anak – anak kecil warga sekitar Rungkun, dan pemain musik tradisionalnya adalah anak – anak muda Puncak binaan Rungkun Awi. Sederhana tapi ada pesan mendalam disana ” terang Idang.

Teja Kusumah sang penggagas Rungkun Awi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki di tempatnya.

” Ini suatu hal yang tidak terduga bagi saya, dikunjungi oleh seorang menteri. Tentu saya sangat berterima kasih kepada Kang Teten dan Bang Idang yang telah mau ikut memikirkan Rungkun Awi. Semoga kedepan bisa bermanfaat lebih banyak lagi bagi alam, budaya dan warga Puncak atas keberadaan Rungkun Awi ini” ungkapnya.(Cj/Fr.)

Anda mungkin juga berminat