Tiga Pilar Bekasi Selatan Gelar Operasi Yustisi

439

BEKASI, (Garudanews.id) – Mengimbangi PSBB total di DKI Jakarta, Kota Bekasi sebagai kota penyangga menggelar operasi yustisi untuk memberikan efek jera kepada pelanggar protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan oleh tiga Pilar Bekasi Selatan pada Kamis (17/09).

“Saat ini kita lakukan operasi yustisi dan sosialisasi protokol kesehatan yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Bekasi Selatan,” ujar Kapolsek Bekasi Selatan Kompol. Imam Safi’i di Alun-alun Kota Bekasi jalan Pramuka, Bekasi Selatan .

Kapolsek Bekasi Selatan Kompol. Imam S menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan secara mobile di beberapa titik. Ada 3 titik yang menjadi sasaran operasi di wilayah Margajaya yaitu depan Kantor kelurahan Margajaya, Simpang Apartemen Center Poin dan Alun-alun Kota Bekasi yang menjadi titik kumpul warga terutama di depan RSUD Kota Bekasi.

Dalam operasi yustisi tersebut, para pelanggar yang kedapatan tidak memakai masker hanya didata oleh petugas. Data meliputi KTP atau kartun identitas lain serta kendaraan yang dikendarainya (jika memakai kendaraan).

“Saat ini tidak ada sanksi denda, kita hanya lakukan sanksi teguran tertulis dan pendataan serta sanksi sosial ringan yang sifatnya mendidik dan kembali mengingatkan warga masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19 ini,” tambah Kapolsek.

Operasi tersebut melibatkan 15 personil dari Polsek Bekasi Selatan, Damkar Kota Bekasi 30, Satpol PP Kecamatan Bekasi Selatan 7 dan 8 staff kelurahan Margajaya. Kegiatan operasi yustisi sendiri akan rutin dilakukan oleh jajaran Polres Metro Bekasi Kota.

Petugas menghukum dua pelanggar protokol kesehatan dengan memanjat pohon di alun-alun kota Bekasi pada Kamis (17/09)

Arya (17) Josua (17) adalah dua pelanggar yang mendapat sanksi sosial dari petugas. Mereka mendapat sanksi sosial berupa memanjat pohon atas pelanggaran yang dilakukan. Mereka tidak merasa keberatan dengan hukuman tersebut karena mengakui kesalahannya karena tidak memakai masker dengan benar.

“Ngga masalah sih, cuma manjat pohon dikit aja, daripada denda,” ujar Arya kepada media.

Pada hari berikutnya, tiga pilar akan melakukan operasi serupa di wilayah kelurahan Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Dengan mengedepankan upaya persuasif, para petugas berharap warga masyarakat akan sadar akan pentingnya protokol kesehatan. (Mam)

Anda mungkin juga berminat