Tri Adhianto Dan Wijonarko Tinjau Kesiapan Kampung Tangguh Jaya Di Bekasi Jaya

558

BEKASI, (Garudanews.id) – Kampung Tangguh Jaya kembali dikunjungi oleh Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko. Kali ini, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Djahyono ikut serta meninjau kesiapan Kampung Tanggung Jaya di RW 11 Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur pada Jumat (04/12).

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko dan Wakil Walikota Tri Adhianto disambut oleh camat Bekasi Timur Widy Tiawarman dan lurah Bekasi Jaya Ngadino. Kegiatan dimulai dengan paparan RW setempat serta pemberian sembako dari Kapolres serta penyerahan rompi Satgas Penegak Protokol kesehatan kepada perwakilan warga RW 11.

Dikatakan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko bahwa langkah utama mencegah penyebaran wabah Covid-19 ialah disiplin dalam protokol ksehatan.

“Karena salah satu upaya pencegahan virus Covid-19 adalah disiplin kami berpesan kepada bapak ibu sekalian, kalau kondisi kita kurang vit, lebih baik tidak usah beraktifitas di luar rumah, istrahat di rumah, karena kalau kondisi kita kurang vit, kita akan lebih mudah terpapar,” ujar Kapolres.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Wijonarko dan Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto didampingi Lurah Bekasi Jaya Ngadino menebar benih ikan

Kapolres menambahkan bahwa masyarakat tetap waspada dan tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Dalam penilaian Lomba Kampung Tangguh Jaya sendiri mencakup kesiapan wilayah tersebut dalam menghadapi pandemik Covid-19 yang sudah berlangsung sejak awal tahun, diantaranya kesiapan dalam penanganan pasien serta kesiapan ketahanan pangan untuk mencukupi kebutuhan pangan warganya secara mandiri.

Sementara itu, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Djahyono menuturkan bahwa tidak perlu zero covid-19, namun bagaimana berbagai pihak dalam penanganan secara swadaya.

“Bagaimana kita bahu membahu bukan menjauhkan warga yang terpapar karena Covid-19 bukan aib, dan semua orang bisa terkena jika kondisi kesehatan kita sedang tidak baik, sekarang tinggal bagaimana kita menjaga tubuh kita tetap sehat,” kata Tri.

Terkait dengan ketahanan pangan, Tri meminta warga untuk memulai menanam tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai ketahanan pangan. Hal tersebut untuk menghadapi segala kemungkinan buruk akibat krisis pangan pada tahun depan.

“Oleh karena itu, saya sependapat tadi, dimulai apakah itu sayuran, apakah itu kemudian ikan, apalagi kami sedang mencoba merekayasa untuk menanam padi di trotoar-trotoar yang kita miliki, mudah-mudah bulan depan sudah dapat kita mulai, supaya kita dapat menghadapi krisis pangan yang ada,” pungkasnya.

Rekayasa tanam padi di trotoar akan segera dilakukan oleh Pemkot Bekasi di Trotoar Rawa Panjang. Jika berhasil, maka metode tersebut akan disebarkan kepada wilayah lain yang ada di Kota Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota dan Wakil Walikota Bekasi kemudian meninjau lokasi pertanian secara mandiri di RW 011 kelurahan Bekasi Jaya, kemudian menebar bibit ikan di sebuah saluran air yang digunakan warga sebagai lahan budidaya ikan. Selanjutnya rombongan juga melihat langsung rumah singgah bagi warga yang terpapar covid-19.

Dalam kesempatan itu, Kasat Binmas AKBP. Wiyono didampingi Kapolsek Bekasi Timur Kompol. Sutoyo juga nampak hadir. (Mam)

Anda mungkin juga berminat