CBA Desak Presiden Jokowi Segera Copot Dirut Pertamina

246

JAKARTA (Garudanews.id) – Center Budget of Analysis (CBA) mendesak Presiden Joko Widodo segera mencopot Nicke Widyawati dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Pertamina.

Sebab, saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menggarap kasus korupsi suap PLTU Riau – 1 yang diduga menyeret nama Nicke Widyawati yang juga duduk sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN.

“Akibat kasus korupsi PLTU Riau-1 yang saat ini tengah digarap KPK dan Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati terus menerus diperiksa penyidik, mengakibatkan kinerja Pertamina sangat terganggu,” ujar Direktur CBA Uchok Sky Khadafi, dalam keterangan persnya yang diterima redaksi, Senin (13/5).

Menurut Uchok, akibat mencuatnya kasus tersebut, sampai saat ini laporan keuangaan Pertamina tahun 2018 sama sekali belum dipublikasi.

Selain kasus korupsi suap PLTU Riau – 1, lanjut Uchok, CBA juga mendesak KPK memeriksa Direktur Utama.Nicke Wudyawati pada proyek proyek lain di Pertamina.

“Pada semester 1 tahun 2018 saja, ada 44 kasus dengan potensi kerugian negara sebesar Rp35 miliar dan USD15 juta,” ujar dia.

Uchok mengungkapkan, bila di total kasus kasus di Pertamina pada tenggat waktu antara 2015 – 2018, ada sejumlah 374 kasus dengan potensi kerugian negara sebesar Rp3.3 triliun dan USD 1 miliar yang harus disidik oleh KPK.

“Untuk itu CBA meminta kepada Presiden Jokowi bukan hanya memikirkan menganti kabinet saja, tetapi lebih utama untuk segera mencopot Direktur utama PT Pertamina agar perusahaan negara tersebut punya integritas dan dipercaya oleh publik,” harap Uchok. (Hab/Red)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.