Dua Kapal Ikan Asing Berbendera Vietnam Berhasil Diamankan

58

JAKARTA (Garudanews.id) – Tindakan tegas selalu diperlihatkan oleh jajaran Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri dalam mengamankan wilayah Perairan Indonesia dari berbagai macam tindak pidana yang kerap terjadi.

KP. BALADEWA – 8002, pada Selasa (16/4), saat melakukan patroli rutin di Perairan Laut Natuna Utara, Kepri. Sekira pukul 16.23 waktu setempat pada koordinat 05.27.746 LU – 105.42.000 BT telah berhasil menangkap 2 kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam. Kapal pertama bernama KG 93690 TS dengan nahkoda bernama Nguyen dan 9 orang ABK. Kemudian pada koordinat 05.28.303 LU – 105.40.279 BT kembali menangkap kapal bernama KG 93690 TS dengan Nahkoda bernama Dang Bao Quoc dan 5 orang ABK yang seluruhnya berwarga negara Vietnam.

Komandan KP. BALADEWA – 8002 Kompol Jazuli Dani Irawan, S.IK melalui keterangan resmi menjelaskan bahwa informasi adanya aktifitas kapal ikan asing masuk di wilayah perairan Laut Natuna Utara didapat dari masyarakat nelayan. Patroli kita lakukan dan mendapati kedua kapal Vietnam itu sedang menangkap ikan di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI). Seluruh ABK kapal berkewarganegaraan Vietnam, dan berdasarkan pemeriksaan ikan yang ditangkap berjenis ikan campuran dan cumi. Kedua kapal ikan asing tersebut juga tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah.

Selanjutnya guna penyidikan lebih lanjut kedua kapal ikan Vietnam tersebut dikawal menuju Batam Kepri. (Edr)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.