Jarigan SUTET 500.000 Volt Nyaris Tertimpa Balon Udara Raksasa

189

PROBOLINGGO (Garudanews.id) – Balon udara raksasa ditemukan mendarat nyaris menimpa jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) penghantar Paiton – Grati berkapasitas 500.000 Volt di Desa Bhinor Kecamatan Paiton, Selasa (11/6) lalu.

Beruntung balon udara berdiameter 2.5 meter dan tinggi 15 meter itu tidak sampai mengenai jaringan sutet tersebut, sehingga tidak berdampak terjadi gangguan pasokan listrik di sejumlah wilayah di Jawa Timur.

Balon yang diperkirakan berasal dari luar Probolinggo ini kemudian di evakuasi oleh Petugas Ground Patrol dan Regu Petugas Har Gitet Paiton bersama aparat Kepolisian setempat.

Menyikapi temuan ini, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menghimbau kepada masyarakat luas khususnya di Kabupaten Probolinggo, untuk mempertimbangkan kembali dampak negatif yang bisa terjadi dari kegiatan pelepasan balon raksasa maupun lampion massal.

“Pelepasan balon raksasa ini selain bisa mengganggu fasilitas publik seperti penyaluran Transmisi (Sutet/SUTT), masyarakat juga yang akan kena dampaknya. Apalagi jika mendarat bebas dengan kondisi terbakar tentu hal ini juga akan berpotensi menyebabkan kebakaran hutan yang sangat merugikan,” tegasnya, Kamis (13/6).

Untuk di ketahui,pelepasan balon udara dengan dengan ukuran besar belakangan ini marak di lakukan di sejumlah daerah.

Hal ini di lakukan di sebagian daerah sebagai bentuk tradisi budaya dalam memperingati hari hari tertentu. Namun di sisi lain dampak negatif juga muncul dari kegiatan tersebut. (HNN)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.