KN Tanjung Datu 301 Berlayar Menuju Port Blair India

181

BATAM (Garudanews.id) –  Kapal patroli terbesar Bakamla KN Tanjung Datu 301 melakukan pelayaran perdana ke Port Blair India dalam misi Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut Luar Negeri tahun 2019.

Pelayaran internasional perdana tersebut dilepas oleh Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq. R., yang ditandai dengan pelepasan tali tambat, di dermaga PT. Batam Expresindo Shipyard, Jl. Brigjen Katamso km. 6, Tj. Uncang, Batu Aji, Batam, Kamis (9/5).

Kapal berkelir dua strip merah itu membawa 10 personel yang tergabung dalam Satgas Operasi Luar Negeri Bakamla-India Coast Guard beserta 49 kru kapal.

Laksdya Taufiq mengatakan, muhibah KN Tanjung Datu ke Port Blair India ini merupakan tonggak sejarah Bakamla yang perlu di catat. Adapun pelayaran ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Bakamla dengan ICG di New Delhi India pada bulan Desember 2018.

“Laksanakan tugas sebaik baiknya dan penuh tanggung jawab, tunjukan performa terbaik untuk memberikan nama baik bagi institusi dan Indonesia. Semoga selamat sampai di Port Blair India dan kembali dengan selamat,” pesan Laksdya Taufiq.

Sementara itu, Ketua Delegasi Bakamla Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos, yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Zona Kamla Barat menjelaskan agenda kegiatan selama di Port Blair. “Hari pertama tanggal 13 Mei KN Tanjung Datu merapat di Port Blair dan ada upacara penyambutan dari India Coast Guard, kemudian hari kedua di agendakan open ship KN Tanjung Datu 301, pelaksanaan Table Top Exercise dan menghadiri undangan Jamuan India Coast Guard, selanjutnya hari terakhir di agendakan kunjungan ABK KN Tanjung Datu ke Maritime Rescue Coordination Centre (MRCC), olahraga bersama Bakamla – ICG dan cultural tour,” terangnya.

Kolonel Bakamla Muharam selaku Komandan Satgas mengatakan, pelayaran akan berlangsung mulai hari ini (9/5) hingga Senin (20/5). Lama pelayaran 12 hari, meliputi 8 hari pelayaran dengan jarak tempuh 2.031, 02 NM dan 4 hari kegiatan di Port Blair India. (Edr)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.