Satgas Pamtas Yonif R 408 Gali Potensi Kemandirian Generasi Muda

Berikan pelatihan kerajinan tangan

192

KUPANG, (Garudanews.id) – Guna menggali potensi kemandirian generasi muda bangsa di perbatasan, Satgas Yonif Raider 408/SBH beri pelatihan kerajinan tangan siswa SMK N 1 Raihat, Nusa Tenggara Timur.

Komandan Satgas (Dansatgas) RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH, Mayor Inf Joni Eko Prasetyo dalam rilis tertulisnya, Minggu (2/6), menegaskan, pelatihan kerajinan tangan ini diberikan personel Pos Turiskain kepada anak-anak SMK Raihat, bertujuan untuk menggali kemampuan yang mereka miliki, sekaligus membekalinya dengan keterampilan berkarya seni.

“Kita beri pelatihan, agar mereka memiliki kemampuan lebih, khususnya karya tangan,” katanya.

Joni Eko menjelaskan, 4 orang anggota Pos Turiskain yang dipimpin Serda Dona itu, memberikan mereka pelatihan kerajinan tangan dengan bahan kayu.

Namun, lanjut Joni Eko, sebelum memberikan pelatihan mereka ditunjukkan terlebih dahulu hasil karya seni yang telah dibuat oleh anggota Satgas.

“Kita tunjukan dulu, hasil karya anggota kita kepada mereka sebelum pelatihan dimulai,” ujarnya.

Adapun hasil karyanya yang ditunjukannya itu, papar Dansatgas seperti lukisan, gantungan kunci, kaligrafi, papan nama kantoran maupun papan dinding serta kerajinan tangan yang bercorak ukiran.

“Semua hasil karya tangan tersebut berbahan dasar kayu,” katanya.

“Ini bertujuan untuk memotivasi dan memberikan daya tarik kepada siswa-siswi SMK N 1 Raihat untuk belajar membuat kerajinan tangan,” tambah Dansatgas.

Selama pelatihan itu, ungkap Joni Eko, keempat anggotanya dengan sabar memberikan ilmunya dengan menjelaskan tahap demi tahap pembuatan kerajinan tangan kepada para siswa SMK.

“Mereka terlihat sangat bersemangat mengikuti apa yang kita latihkan,” imbuhnya.

“Mereka dibuat perkelompok sehingga semua pelajar SMK N 1 Raihat dapat menerima dengan baik,” terangnya.

Lebih lanjut Joni Eko menegaskan bahwa tugas pokok Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh adalah menjaga keamanan di wilayah perbatasan dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain tugas tersebut, Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh juga melaksanakan kegiatan teritorial kepada masyarakat, salah satunya dengan tujuan menyalurkan kreativitas masyarakat yang dapat meningkatkan perekonomian di daerah perbatasan.

“Pemberian pelatihan kerajinan tangan ini tidak hanya di berikan kepada siswa – siswi SMK N 1 Raihat akan tetapi kami juga memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar sehingga masyarakat dapat memanfaatkan pelatihan ini menjadi sebuah kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan,” imbuhnya.

“Pelatihan untuk masyarakat biasa kita berikan di rumah seni Suhbrastha yang sebelumnya sudah kita resmikan,” tambah Mayor Joni.

Sementara itu salah satu siswa SMK N 1 Raihat mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas 408 Pos Turiskain atas pelatihan yanga diberikan kepada dirinya dan juga teman-temannya di SMKN 1 Raihat.

“Pembuatan kerajinan ini lumayan sulit namun kami sangat menikmatinya karena langsung dibimbing Bapak TNI,” ungkapnya.

“Semoga apa yang dilatihkan kepada kami dapat bermanfaat untuk kami khususnya dan untuk masyarakat yang ada di perbatasan ini pada umumnya,” tuturnya.

Hal senada juga diucapkan Kepala Sekolah SMK N 1 Raihat ibu Yusnita Manu, yang sangat berterimakasih kepada Satgas Yonif Raider 408/Sbh yang telah mengajarkan anak didiknya membuat kerajinan tangan.

“Semoga dengan pelatihan kerajinan tangan dari anggota satgas, para siswa siswi bisa belajar dan membut kerajinan tangan untuk dipasarkan didaerah perbatasan,” ucap ibu Yusnita. (Dance Henukh)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan tanggapan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.