Sejumlah Kapal Tradisional di Ende Abaikan Keselamatan Penumpang

0
178
Ilustrasi

ENDE NTT (Garudanews.id) – Meski Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H. Purnomo telah mengeluarkan perintah terkait pentingnya pengunaan Life Jacket bagi penumpang kapal. Namun masih saja creew yang tidak mematuhi peraturan tersebut.

Padahal, hal ini penting, bahkan di beberapa kesempatan ini, Dirjen menekankan pentingnya penggunaan life jacket untuk keselamatan diri ketika terjadi musibah di laut.

Berdasarkan pantauan media, sejumlah kapal penumpang tradisional di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur, masih saja nekad tidak menghiraukan imbauan dari Dirjen Perhubungan Laut.

Bahkan, kapal kapal penumpang tradisional berlayar antar pulau pulau kecil di kabupaten Ende tanpa mengunakan Life Jacket dan tanpa pengawasan sama sekali oleh pihak KSOP Ende, padahal saat ini cuaca extrim kerap terjadi, seperti yang terlihat kapal tradisional penumpang antar pulau kecil yang mengangkut kurang lebih 60 orang penumpang, dengan Rute Kota Ende menuju Nila Kecamatan Ndona Timur dengan lama jalur tempuh 1,5 jam.

Salah seorang penumpang Bahrudin Ndoe, ketika ditemui di Pelra Pantai Bita Beach, pada akhir pekan kemarin, mengatakan mereka sudah biasa mengunakan kapal tradisional tersebut dan tidak pernah ada arahan menggunakan life jacket apalagi kapal tradisional yang di tumpangi tidak dilengkapi life jacket.

”Jika ada life jacket itu malah akan lebih baik, sehingga jika terjadi musibah dapat dievakuasi secara cepat dengan selamat. Apabila dalam pelayaran nantinya ada cuaca buruk tiba tiba muncul. Kita juga tahu saat ini cuaca sukar di tebak apalagi ini mengarungi lautan luas,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar pihak otoritas pelabuhan dapat memberikan imbauan kepada awak kapal tradisional untuk menyediakan jaket keselamatan bagi penumpang kapal.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis KSOP Kelas V Kabupaten Ende Jhon Ola , hingga berita ini di turunkan belum memberikan konfirmasi yang jelas terkait dengan keberadaan kapal tradisional yang tidak menggunakan life jacket.

Beberapa kali media ini ingin melakukan konfirmasi di kantornya namun menurut informasi yang diterima Kepala KSOP Kabupaten Ende jarang berada di tempat.
(Dance)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here