Seluruh Kasatwil Diminta Amankan Pelaksanaan Asean Games

0
225
Kapolri, Jenderal Tito Karnavian (Ist)

JAKARTA (Garudanews.id) – Jelang perhelatan olahraga tingkat Asia, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menginstruksikan seluruh kepala satuan wilayah (Kasatwil) di Tanah Air menjaga situasi kondusif selama pelaksanaan event Asian Games 2018. Meski venue hanya di Jakarta dan Palembang, personel di wilayah lain diminta mengimbangi status pengamanan.

“Agenda besar menyangkut nama baik bangsa pada Agustus sampai September,” ujar Tito saat membuka apel Kasatwil di PTIK Mabes Polri, Kamis, (3/5).

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menambahkan seluruh Kapolda telah diminta menjalankan instruksi Kapolri untuk dijalankan tiap jajarannya. Strategi tersebut dilakukan guna menjamin gelaran ajang olahraga terbesar di Asia itu berjalan baik.

“Gerakan imbangan itu artinya menjaga situasinya betul-betul kondusif dan aman sehingga secara keseluruhan Indonesia dalam pelaksanaan Asian Games aman terkendali,” ujarnya.

Tiap Kasatwil diminta fokus menjalankan instruksi tersebut. Setyo menyampaikan Kapolri mewanti-wanti jajarannya bisa menjamin keamanan wilayah selama Asian Games.

“Tidak boleh ada kejadian menonjol terutama kerusuhan sosial. Kita harapakan venue bertanding bisa melaksanakan kegiatan dengan baik tentu outputnya adalah keamanan dan ketertiban,” ucap Setyo.

Peran yang sama juga perlu diterapkan saat pelaksaan forum ekonomi dunia di Bali. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah gelaran IMF- World Bank Annual Meeting pada Oktober 2018 mendatang.

“Walupun di Bali seluruh Kapolda dan Kasatwil harus menjaga situasi di daerah masing-masing untuk melakukan imbangan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diingingkan yang menjadi atensi masyarakat atau pserta sidang,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here