Kunjungi Jusuf Kalla, Dubes Australia Bahas Kerja Sama Ekonomi

75

JAKARTA (Garudanews.id) – Wakil Presiden M. Jusuf Kalla di ruang kerjanya, Jakarta, Senin, menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan.

“Secara khusus kami membahas mengenai kerja sama ekonomi kita, hubungan dagang dan investasi, termasuk saat ini tim negosiasi kita sedang berunding dan kami berharap dapat menyelesaikan draf perjanjian itu tahun ini,” kata Gary usai bertemu Wapres Kalla.

Seperti dilansir dari Antara, dalam pertemuan selama sekira 30 menit tersebut, Wapres Kalla dan Dubes Gary membicarakan mengenai peningkatan kerja sama Indonesia-Australia, termasuk The Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA) yang akan diselesaikan tahun ini.

Gary menjelaskan saat ini tim negosiasi dari masing-masing negara sedang mempelajari rancangan perjanjian untuk saling diberikan masukan guna meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia dan Australia.

Dalam pertemuan tersebut, Gary mengatakan bahwa perundingan IA-CEPA melibatkan banyak hal sehingga Wapres Kalla tertarik untuk mengawal langsung proses perundingan tersebut.

“Pak Wapres tertarik untuk mengawasi langsung perundingan kerja sama tersebut, dan sekarang kita sedang bertukar draf dan catatan, juga mencari apa yang bisa kita lakukan untuk membuat kedua negara semakin baik lagi dalam merampungkan kesepakatan itu beberapa bulan ke depan,” ujarnya.

Sebelum bertemu Wapres Jusuf Kalla, Gary mengatakan telah melakukan kunjungan kepada sejumlah menteri dan pimpinan DPR untuk mencari masukan dalam menjalankan tugasnya sebagai Duta Besar Australia untuk masa kerja hingga 2022.

“Saya juga melakukan kunjungan kehormatan kepada para menteri, baru saja kepada Wapres, dan tadi pagi ke DPR untuk mendapatkan arahan terkait apa yang harus saya lakukan agar hubungan Indonesia-Australia semakin membaik dari tahun ke tahun,” demikian Gary Quinlan. (Red/Lya)

Anda mungkin juga berminat