Presiden Segera Umumkan Calon Menteri untuk Periode Kedua, NasDem Mengaku Belum Tahu

357

JAKARTA (Garudanews.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa dirinya memiliki hak prerogatif penuh dalam menyusun dan memilih nama-nama calon menteri untuk periode kedua kepemimpinannya yang akan dimulai bulan Oktober mendatang.

“Kabinet itu adalah hak prerogatif Presiden. Menteri itu adalah pembantu (Presiden, red),” tegas Presiden Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri  Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019, di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8) sore.

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengaku belum mengetahui mengenai susunan kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024 yang telah dirampungkan.

“Belum (diberitahukan). Mungkin saya barangkali terakhir,” kata Surya Paloh usai memberikan Kuliah Umum Kebangsaan “Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan” Iluni UI Sekolah Pascasarjana Sekolah Kajian Stratejik dan Global, di Gedung IASTH Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Surya mengaku tak masalah jika dirinya memang belum diberi kabar oleh Jokowi soal susunan nama menteri.

“Mungkin saya, barangkali terakhir kali. Ya nggak apa-apa lah ya,” kata Surya.

Yang jelas apapun keputusan Jokowi terkait menteri ini dirinya akan mendukung. Termasuk soal komposisi menteri yang disebut akan berjumlah 55 persen dari kalangan profesional dan 45 persen dari kalangan partai politik.

“Apapun bentuknya, mau 25 persen, mau 35 persen itu hak prerogatif presiden,” kata Surya. (Red)

 

 

Anda mungkin juga berminat