Ponpes Ababil Kembali Melakukan Baksos

0
386

BREBES, JATENG (Garudanews)-Sebagi bentuk keperdulian terhadap masyarakat, Pondok Pesantren Ababil yang terletak di Dukuh Menggala Desa Langkap Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, kembali melakukan bakti sosial berupa pengobatan gratis kepada masyarakat yang ada di lingkungan pesantren.

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ababil, Muhamad Isro Mustofa mengungkapkan bahwa santri bukan hanya menitik beratkan kepada pendidikan yang berbasis agama saja. Namun, kata di, Ponpes Ababil juga terus berupaya mendidik santri dengan pengetahuan umum yang lebih memiliki nilai positif di masyarakat.

“Seperti yang kita sering lakukan adalah mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan sosialisasi tentang reproduksi manusia dan penyakit menular seks (PMS),” ungkap Ustadz Isro, sapaan akrabnya, usai mengadakan acara bakti sosial kemarin.

Adapun sosialisasi PMS, kata dia, bertujuan agar para santriwan/wati mengenal bahaya penyakit kelamin dan pola hidup sehat pra nikah. Hal tersebut dilakukan guna membentengi dari tindak asusila ataupun pergaulan bebas akibat pengaruh era globalisasi.

“Citra pesantren yang sering diposisikan sebagai pendidikan tradisional perlu kita rubah. Seiring dengan kemajuan zaman dan era tekhnologi tentunya kita harus mempersiapkan peserta didik dengan ilmu pengetahuan yang memadai. Namun tidak lupa dibekali dengan nilai-nilai ketaqwaan. Dengan kata lain santri Ponpes Ababil harus menjadi santri yang berdaya guna tinggi dengan iman dan taqwa (Imtaq) dan pemahaman ilmu pengetahuan dan tekhnologi (Ipteq) yang mempuni,” jelas dia.

Perlu diketahui, Ppnpes Ababil telah menggandeng Akbid KH Putra, Brebes menjadi partner dalam mensukseskan program kesehatan masyarakat. Pada kesempatan tersebut hadir pula Dosen pembimbing Eti Budiarti SKM .Mkm, dan Bidan Desa, Riyanti Amd .keb .S.St

Acara berjalan dgn aman dan lancar berkat peran serta masyarakat sekitar dibawah koordinator Imam Fathurrabani yang dihadiri oleh perangkat desa dan babinsa. (Ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here