Satu Orang Calhaj Kota Sukabumi Terancam Batal Berangkat

0
199
Suasana di Masjidil haram Mekkah. (Foto: garudanews)

SUKABUMI (garudanews.id) – Untuk tahun 2018 ini, ada satu dari 257 orang calon jamaah haji (cahaj) asal Kota Sukabumi terancam gagal berangkat ke tanah suci mekkah tahun ini. Pasalnya, calhaj tersebut mengidap penyakit ginjal yang tidak memungkinkannya untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima.

”Ya ada satu Calhaj yang kemungkinan tidak berangkat, karena sesuai Peraturan menteri ada beberapa penyakit yang tidak dibolehkan calhaj berangkat, tapi kami tetap mengintervensi agar bisa diobati dan bisa berangkat. Jika selama waktu yang diberi belum juga ada perubahan, maka terpaksa akan dibatalkan,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati kepada garudanews.id, Kamis (31/5).

Kata Lulis,  pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahap awal sebelum dilakukan vaksinasi meningitis. Sehingga jika mengidap penyakit pada awal pemeriksaan, secara otomatis calhaj tidak bisa melanjutkan ketahap selanjutnya.

“Usai pemeriksaan kesehatan tahap satu dan tahap dua, baru dilakukan vaksinasi meningitis. Kami menghimbau, meski sudah divaksin para Calhaj tetap menjaga kesehatannya. Sehingga saat pelaksanaan ibadah haji tidak terkendala,” tambahnya.

Diterangkan Lulis, melengkapi vaksinasi sebelum berangkat haji dinilai sangat penting, hal itu dilakukan untuk mencegah resiko penularan penyakit dan membawanya kembali ke Indonesia.

“Vaksinasi ini tidak dipungut biaya, sudah ditanggung pemerintah. Satu kali cukup pemberian vaksin,” pungkasnya.(ded).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here